Mudik Nyaman dan Gratis, KAI Dukung Mobilitas Pemudik Lebaran 2025

Rohmat

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran arus mudik dengan berpartisipasi dalam program Mudik Gratis BUMN 2025. Upaya ini diwujudkan dengan penyediaan perjalanan kereta api bagi para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman tanpa biaya.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa dalam program Mudik Gratis BUMN tahun ini, KAI telah menyiapkan sebanyak 28.364 kursi untuk perjalanan yang berlangsung pada periode 23 hingga 28 Maret 2025. Layanan ini akan melibatkan berbagai rangkaian kereta api, yang siap mengantarkan penumpang ke berbagai tujuan.

“Program ini merupakan sinergi antara KAI dan sembilan BUMN lainnya memastikan para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan lebih tenang dan menyenangkan dengan kereta api,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (17/3/2025).

Adapun sejumlah rute utama yang akan dilayani dalam program ini antara lain Madiun Jaya, Tawang Jaya Premium, Matarmaja, serta berbagai perjalanan lainnya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Demi menunjang kelancaran dan kenyamanan pemudik, KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas tambahan baik di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta. Fasilitas tersebut mencakup peningkatan kebersihan, penyediaan ruang tunggu yang lebih nyaman, serta layanan informasi yang cepat tanggap dalam membantu penumpang.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban, KAI juga memperkuat pengamanan dengan menambah jumlah personel di berbagai titik krusial, baik di area stasiun maupun di dalam kereta api. Langkah ini diambil untuk memastikan perjalanan berlangsung dengan aman dan terkendali.

Anne juga menambahkan bahwa pendaftaran program Mudik Gratis BUMN telah dibuka sejak 3 Maret dan berakhir pada 17 Maret 2025. Proses registrasi dilakukan melalui platform digital dari masing-masing BUMN dan anak perusahaannya. Semua data peserta telah terintegrasi secara sistematis guna mencegah adanya pendaftaran ganda.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan, KAI terus berupaya menerima dan menindaklanjuti masukan dari pelanggan. Evaluasi berkala dan perbaikan akan terus dilakukan agar program serupa di masa depan dapat semakin optimal dan memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat.

“KAI mengajak seluruh pemudik untuk tetap menjaga ketertiban, mengikuti aturan yang berlaku, serta menjaga kebersihan di dalam kereta agar perjalanan tetap nyaman bagi semua penumpang,” ujar Anne menutup pernyataannya.

Also Read

Tags

Leave a Comment