Strategi Promosi Mobile Friendly Cocok Buat Gen Z, Si Digital Native

109 Hari Jelang Ramadhan, Trade Desk anjurkan pemilik brand tingkatkan investasi iklan mereka. Alasannya, 1 dari 3 masyarakat, belanja lebih banyak di bulan Ramadhan
Strategi Promosi Mobile Friendly Cocok Buat Gen Z, Si Digital Native

Ilustrasi Belanja di aplikasi belanja online (Sumber Freepik)


Setiap menjelang Ramadhan, masyarakat Indonesia diperkirakan akan lebih banyak berbelanja seiring dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR).

Dari sebuah riset yang dilakukan oleh The Trade Desk (TTD), sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembelian inventori iklan secara digital untuk mendukung para pembeli iklan, menunjukkan 1 dari 3 masyarakat Indonesia akan membelanjakan uangnya lebih banyak pada Ramadhan mendatang.

Dalam riset ini juga menemukan hampir setengah (48 persen) konsumen Indonesia menyatakan bahwa peningkatan belanja mereka dilandasi kepercayaan diri terhadap kondisi ekonomi, sedangkan 43 persen dari mereka memiliki keinginan untuk berbelanja lebih banyak.

Dari sekitar 67 persen masyarakat Indonesia yang berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Ramadan mendatang, data terbaru menggarisbawahi naiknya optimisme konsumen akan mendorong peningkatan belanja mereka.

Sebagaimana kepercayaan diri konsumen diperkirakan akan mendorong belanja yang lebih tinggi pada bulan Ramadan mendatang, brands dapat memanfaatkan lonjakan tersebut dengan informasi berbasis data untuk mendukung kampanye periklanan dengan presisi, optimalisasi, dan pengukuran yang lebih akurat.

Selain Belanja online, Gen Z Gemar Belanja di Mal (Sumber Leisuregrouptravel)Selain Belanja online, Gen Z Gemar Belanja di Mal (Sumber Leisuregrouptravel)

“Optimisme konsumen memberikan indikator yang kuat bagi brands untuk meningkatkan investasi periklanan mereka agar dapat menjangkau konsumen pada waktu dan lokasi yang tepat di Ramadan tahun 2024,” ungkap Purnomo Kristanto, General Manager, Indonesia, The Trade Desk.

The Trade Desk menganalisis lebih dari 1 triliun ad opportunity setiap harinya yang menghadirkan peluang berbasis data bagi pemasar untuk membangun kampanye iklan yang berdampak, selagi mengawasi performa kampanye untuk pertumbuhan bisnis yang efektif.

Tuntut pelajari brand baru

Data juga menunjukkan bahwa Ramadan akan menjadi waktu yang strategis bagi pemasar untuk mendapatkan konsumen baru. Mayoritas masyarakat Indonesia (85 persen) terbuka untuk mencoba brands baru, dan 7 dari 10 menganggap diri mereka sebagai ‘penjelajah kategori’, di mana mereka belum memutuskan brand yang spesifik untuk produk yang ingin mereka beli.

Momentum Ramadan yang sudah hampir di depan mata menuntut pemasar untuk menggunakan informasi terkait segmen audiens utama untuk membangun kampanye iklan dalam waktu yang tepat dan relevan sesuai dengan konsumen di setiap tahap perjalanan belanja mereka.

Temuan riset tersebut menunjukkan bahwa konsumsi digital akan terfokus pada saluran open internet seperti OTT/CTV, platform streaming audio, aplikasi Islami, game seluler, dan majalah/situs web online dalam periode ini.

Secara spesifik, Gen Z aktif dalam streaming, menunjukkan peningkatan sebesar 20 persen dalam konsumsi OTT/CTV dan peningkatan sebesar 25 persen dalam streaming audio.

“Seiring dengan pemasar yang semakin melek digital, banyak dari mereka yang memperluas strategi periklanan mereka di luar platform pencarian dan media sosial. Meningkatnya optimisme konsumen pada bulan Ramadan yang akan datang mendorong lebih banyak brands untuk beriklan secara online, menghadirkan lebih banyak persaingan di ruang digital. Platform pembelian media seperti The Trade Desk dapat membantu pemasar mengoptimalkan kampanye omnichannel dan menyediakan pengukuran closed-loop untuk memantau dampak kampanye iklan terhadap penjualan,” tambah Purnomo Kristanto.

***



Follow Google News SPEAK.co.id, dapatkan update berita terbaru!


Read more:

Sambut Idul Fitri, Metland Gelar Program Spesial di Mal dan Hotel

Peduli Lingkungan Hidup Bandara City Kini Dilengkapi Panel Surya

Mitsubishi Estate Group Kembali Bangun The Grand Outlet Di Pulau Dewata

Tiga Dekade Metropolitan Mall Bekasi Tetap Jadi Mal Favorit

The Grand Outlet, Tempat Kongkow Mewah di Karawang

HOMEDEC - 3-6 OKT 2024